Tips Bugar Saat Liburan

Kebanyakan orang tidak mempunyai banyak waktu untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tetap fit dan bugar ditengah-tengah acara liburan. Padahal, menjaga kondisi tubuh adalah salah satu syarat utama yang harus diutamakan dalam sebuah acara liburan. Untungnya, Deborah Enos, seorang ahli gizi asal Amerika Serikat memiliki sejumlah tips untuk tetap sehat selama liburan. 


Sarapan dan Camilan 

Untuk sarapan, Enos merekomendasikan agar mengkonsumsi sarapan ringan dalam waktu 30 menit setelah bangun tidur karena menghasilkan 100 sampai 150 kalori tambahan per harinya. 


Untuk menunya, Enos menyarankan telur, oatmeal, yoghurt atau salad Yunani dengan buah dan kacang-kacangan. 


Sedangkan untuk menjaga energi sepanjang hari, Enos menyarankan agar mengkonsumsi camilan buah apel (sumber serat dan air), kacang asin, biji labu, anggur atau pir. 


Makan Teratur

Selama liburan, Enos menyarankan agar setiap wisatawan tetap menjaga kegiatan makannya secara teratur agar tidak menambah berat badan. 


Enos juga mencatat bahwa sangat penting untuk mengkonsumsi suplemen agar semua kebutuhan tubuh akan protein dan mineral tetap terpenuhi. 


Hindari Minuman Ringan

Enos menyarankan agar selama perjalanan tetap mengkonsumsi air minum yang cukup dengan menghindari minuman ringan yang mengandung kadar gula tinggi. 


Untuk Jus, Enos menyarankan agar mengkonsumsi jus delima yang lebih baik ketimbang jus jeruk atau apel. 


Khusus untuk jus jeruk atau apel, Enos menyarankan agar diencerkan sekitar 25 persen menggunakan air untuk mengurangi kadar gulanya.


Cukup Tidur

Tanpa tidur yang cukup, tubuh tentu dapat menghasilkan lemak yang lebih banyak. Menurut Enos, tidur yang cukup setidaknya enam setengah jam setiap harinya.


Untuk menjaga waktu tidur lebih mudah, Enos menyarankan menghindari acara TV dan layar komputer selam aliburan. 


Konsumsi Vitamin

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Enos menyarankan agar membawa selalu kemasan multivitamin agar tidak terkena penyakit dan virus selama acara liburan. 

lihat de bron

Leave a Reply