Picu Penuaan Dini, Jangan Tidur Pake Make Up!

Kebanyakan wanita setelah pergi dari pesta atau pulang dari kantor pada malam hari lupa membersihkan make upnya dan karena capek langsung saja beranjak tidur. Anda mungkin pernah mengalaminya. Beberapa hari setelahnya, jerawat bermunculan di wajah.
Tidur tanpa membersihkan kosmetik memang dapat menyebabkan gangguan pada kulit. Pori-pori yang tersumbat semalaman dapat memicu timbulnya jerawat dan flek-flek hitam, serta kerutan di wajah yang mempercepat proses penuaan dini.

1. Kosmetik menyebabkan penyumbatan pori-pori

“Make up memang dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang tersebar di lingkungan sekitar Anda. Tapi jika didiamkan terlalu lama, kosmetik dapat menyumbat pori-pori,” ujar Dr Eric Schweiger, pendiri Clear Clinic, New York, Amerika Serikat. Schweiger menambahkan, kulit yang tidak bernapas bebas karena tersumbat kosmetik menjadi pemicu tumbuhnya jerawat.
2. Resiko tetap sama walau hanya satu malam

“Tidur dengan make up komplit, walau hanya satu malam, dapat menyebabkan resiko jangka panjang terhadap kulit Anda,” tutur Schweiger seperti dikutip Huffington Post. Sekali tidur tanpa membersihkan wajah akan menyebabkan penyumbatan pori-pori dan jika terjadi lagi, dapat menyebabkan amicrocomedone, penumpukan bakteri penyebab jerawat dalam kulit.
3. Memicu kerutan di wajah

Dr Erin Gilbert, pakar dermatologi yang berbasis di New York memaparkan, “Saat Anda tidur dengan make up, Anda tidak memberi kesempatan bagi kulit untuk terbebas dari stress yang menumpuk di siang hari dan ini dapat menyebabkan penuaan dini.” Gilbert menambahkan, radikal bebas di lingkungan, seringkali dalam bentuk polusi, tetap menempel di kulit saat Anda tidak membersihkan wajah di malam hari. Radikal bebas menyebabkan pengikisan kolagen yang memicu pembentukan kerut-kerut halus tanda penuaan dini.
4. Tidur dengan riasan mata juga beresiko

“Tidur dengan rias mata lengkap memang tidak akan menyebabkan jerawat atau kerut halus di sekitar mata, namun masih dapat memicu resiko besar,” tutur Schweiger.
Maskara dan eyeliner yang menempel di bantal saat tidur, dapat masuk ke dalam mata dan menyebabkan iritasi. Tidur dengn rias mata juga dapat menyumbat folikel kulit dan jaringan minyak di kelopak mata.
Bakteri yang menumpuk akibat kulit tersumbat dapat menyebabkan peradangan. Untuk mengatasinya, segera hubungi dokter.

lihat de bron

Categories: , Share

Leave a Reply